KARIA ILMIAH

Kamis, 09 Agustus 2012

LAILATU AL-QADAR

Dalam Ramadhan, ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan yakni malam Lailatu al-Qadar (malam ketetapan). Allah SWT berfirman:
إنا أنزلنا فى ليلة القدر (1)
وما أدراك ما ليلة القدر(2)
ليلة القدر خير من ألف شهر(3)
تنزل الملائكة والروح فيها بإذن ربهم من كل أمر(4)
سلام هى حتى مطلع الفجر(5)
1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.
2. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu?
3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
4. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.
5. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar.
Dikatakan lebih baik dari seribu bulan, karena pada malam itu adalah diturunkannya al-Qur’an dari Lauhi al-Mahfudz pada langit dunia dan diturunkannya para Malaikat. sesungguhnya dinamakan Lailatu al-Qadar kerena ditetapkan pada malam itu urusan-urusan dan hukum-hukum tahun ini, sampai tahun berikutnya yang akan terjadi pada hamba Allah SWT. Itu artinya jika kita menemukan malam Lailatu al-Qadar maka dampak yang akan diperoleh adalah kebaikan sampai tahun yang akan datang. Disamping itu, jika kita kalkulasikan bahwa Lailatu al-Qadar adalah lebih baik dari seribu bulan, itu sama dengan kita beribadah lebih dari selama 80 tahun.
Kapan terjadinya malam Lailatu al-Qadar, Ini adalah rahasia Allah SWT yang tidak dijelaskan kapan malam, tanggal dan waktunya. Kenapa, agar kita senantiasa mencari dan menemukan malam seribu bulan itu dengan bersungguh-sungguh. Rasulullah SAW pun tidak mengetahui kapan akan terjadi namun, Rasulullah SAW biasa beriktikaf pada malam-malam sepuluh terakhir bulan Ramadan dan bersabda: “Carilah Lailatu al-Qadar pada malam-malam terakhir Ramadhan”.
Imam Ghazali dan ulama lain memberikan gambaran bahwa, untuk mencari malam Lailatu al-Qadar dapat diprediksi dengan perhitungan awal Ramadhan. Jika awal Ramadhan jatuh pada hari Ahad atau Rabu, maka malam Lailatu al-Qadar jatuh pada malam 29 Ramadhan, hari Senin Lailatu al-Qadar akan jatuh pada malam 21 Ramadhan, hari Selasa atau Jumat Lalilatu al-Qadar akan jatuh pada malam 27 Ramadhan, hari Kamis Lailatu al-Qadar akan jatuh pada malam 25 Ramadhan, dan Sabtu Lailatu al-Qadar akan jatuh pada malam 23 Ramadhan.
Ada beberapa ulama telah mencoba merumuskan tanda-tanda Lailatu al-Qadar secara fisik, yaitu pada malam itu suasana tenang hening, pelataran langit hitam kelam dihiasi taburan bintang jernih terang, mata berhenti Tak ada kekacauan, tak ada keributan. Ketika matahari terbit, sinarnya lembut temaram, grimis tertahan di angkasa dan lain sebagainya. Itu adalah tanda-tanda malam Lailatu al-Qadar secara fisisk, hakikatnya hanya Allah SWT yang mengetahui, kita sebagai hambaNya hanya diperintahkan untuk beribadah.
Di samping itu, ada salah satu doa yang dianjurkan Rasulullah SAW yang dibaca pada malam Lailatu al-Qadar :
اللهم إنك عفو تحب العفو فعف عنى
“Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan suka memaafkan, maka maafkanlah aku”.
Subahnaallah……
Maha agung Engka ya Allah, yang telah memberikan satu malam yang lebih baik dari seribu bulan dan semoga Engkau perkenankan pada hambaMu agar dapat menyaksikan malam Lailatu al-Qadar yang penuh dengan ketenangan dan ampunan…..
@1977

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AYO BELAJAR

Islam memperkenankan kepada setiap muslim meraih ilmu kimia, biologi, astronomi, kedokteran, industri, pertanian, administrasi, dan kesektariatan, dan sejenisnya dari orang non muslim atau orang mulim yang tidak percaya ketakwaannya. Hal itu boleh dengan syarat tidak ditemukannya seorang muslim yang terpercaya keagamaan dan ketakwaannya yang dapat diambil ilmu darinya.