KARIA ILMIAH

Minggu, 05 Agustus 2012

REVITALISASI PUASA

oleh: Rohmat Anas
disampaikan pada akun Berbagi Itu Indah
Revitalisasi firman Allah SWT dalam hadits qudsinya:
كل عمل ابن أدم له الا الصوم فإنه لى وأنا أجزى به
“Setiap amalan Ibnu Adam (manusia) baginya kecuali puasa, maka sesungguhnya puasa itu untukku dan akan aku kasih pahala puasa tersebut”
Yaitu, dikarenakan ibadah puasa adalah ibadah sirr/tidak dapat dilihat orang lain, berbeda dengan ibadah selain puasa dari beberapa ibadah. Dan karena ibadah puasa adalah ibadah sirr/ yang tidak dapat dilihat oleh seseorang kecuali Allah SWT, maka sepantasnya Allah SWT membalas secara langsung atas pahala orang-orang yang melaksanakan ibadah puasa.
Oleh karena itu nabi MuhammadaSAW bersabda:
Tatkala hari kiamat, datanglah sekelompok kaum yang memiliki sayap seperti sayap burung. Maka dengan sayap mereka terbang menuju pelataran sorga.
Lalu penjaga sorga itu berkata ‘siapa kamu?’
Mereka menjawab ‘kami adalah umat nabi Muhammad SAW.’
Penjaga sorga itu bertanya lagi ‘apakah kamu sekalian melihat hisab/pembalasan?’ Mereka berkata ‘tidak!’.
Lalu bertanya yang kedua kali ‘apakah kamu sekalian melihat shirat/jalan?’ Mereka menjawab lagi ‘tidak!’.
Penjaga sorga itu berkata lagi ‘dengan apa kamu menemukan derajat/pangkat yang tinggi?’.
Kemudian mereka berkata ‘kami menyembah Allah SWT dengan sirr pada waktu di dunia, dan aku dimasukan ke sorga secara sirr pula di akhirat’ . (Zubdatu al-Wa’idin)
Masya Allah……
Itulah balasan atas hamba-hamba Allah yang beribadah tanpa ada sedikitpun rasa pamer atau memperlihatkan ibdahnya kepada orang lain…..
@1977

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AYO BELAJAR

Islam memperkenankan kepada setiap muslim meraih ilmu kimia, biologi, astronomi, kedokteran, industri, pertanian, administrasi, dan kesektariatan, dan sejenisnya dari orang non muslim atau orang mulim yang tidak percaya ketakwaannya. Hal itu boleh dengan syarat tidak ditemukannya seorang muslim yang terpercaya keagamaan dan ketakwaannya yang dapat diambil ilmu darinya.